Rabu, 24 September 2014

tentang diriku

hey teman teman nama ku muh faqih suardi saya berasal dari sulawesi selatan dan di sulawesi selatan aku bertempat di kabupaten taana toraja yang penuh degan berbagai sejarah sejarah dan adat budaya dan mempunyai berbagi objjek  wisata 
ruma adat tana toraja

acara pada saat penguburan


dan di toraja sangat menghargai orang yang yang meningal dunia dan adat toraja bisa manjalan kan mayat saya sangat sering ditanya oleh teman2 tentang uniknya kebudayaan Tana toraja khususnya tentang fenomena mayat berjalan. saya sendiri lahir dan tumbuh besar di Tana Toraja sehingga saya mengetahui tentang adat & kebudayaan di Tana Toraja walaupun tidak menguasai secara keseluruhan tentang asal usul dan segala macam tetek bengek adat Toraja.
Cerita mayat berjalan sudah ada sejak dahulu kala. ratusan tahun yang lalu konon terjadi perang saudara di Tana toraja yakni orang Toraja Barat berperang melawan orang Toraja Timur. dalam peperangan tersebut orang Toraja Barat kalah telak karena sebagian besar dari mereka tewas, tetapi pada saat akan pulang ke kampung mereka seluruh mayat orang Toraja Barat berjalan, sedangkan orang Toraja Timur walaupun hanya sedikit yang tewas tetapi mereka menggotong mayat saudara mereka yang mati, karena kejadian tersebut maka peperangan tersebut dianggap seri. pada keturunan selanjutnya orang-orang Toraja sering menguburkan mayatnya dengan cara mayat tersebut berjalan sendiri ke liang kuburnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar